Silabus

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : I

 

Standar Kompetensi

  1. Membiasakan hidup bergotong royong

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong

 

Ayo Bergotong Royong

  • Manusia adalah makhluk sosial

 

  • Saling mengunjungi tetangga

 

 

  • Mengamati gambar tentang keluarga Dina dengan tetangganya (Keluarga Ibu Zaenab)

 

  • Menjelaskan dengan siapa saja kita hidup saling membutuhkan (Keluarga inti: ayah memerlukan Ibu, anak perlu ada Ibu dan ayah, kita juga perlu Bibi yang membantu pekerjaan di rumah dsb)

 

  • Menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong

 

  • Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial

 

  • Mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong

 

  • Tugas Individu
  • Penilaian Lisan
  • Penilaian sikap melalui pengamatan perilaku
  • Tes performance
  Siapa yang melahirkan bayi?

Bersama siapa Dina mengunjungi keluarga Bu Zaenab?

Apakah adik bayi sudah bisa melakukan sesuatu?

Mengapa adik bayi masih harus dijaga?

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 – 22
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • § Saling membutuhkan
  • § Berdiskusi kelas membahas bahwa Manusia tidak dapat hidup sendiri
 

  • § Berdiskusi bagaimana tata cara saling tolong menolong di rumah

 

  • § Menuliskan macam-macam cara hidup bergotong royong di sekolah

 

 

  • Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan

 

  • Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu

 

 
  • § Hidup rukun

 

  • § Memaafkan

orang lain

  • Mengamati  gambar saling memaafkan teman (Meilan dan Dina di hal 5).

 

  • Menceritakan makna gambar (Dina dan Meilan saling membantu)

 

  • Menjelaskan keuntungan hidup saling memaafkan

 

  • Menjelaskan keuntungan saling membantu sesama

 

  • § Menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama

 

  • § Menjelaskan pentingnya mengapa harus memaafkan orang lain
         
 
  • § Hidup ber gotong royong

 

  • § Membersihkan  lingkungan rumah
  • § Mengidentifikasi cara-cara hidup gotong royong
 

  • § Berdiskusi kelas membahas pentingnya bergotong royong dan saling membantu

 

  • § Menuliskan kegiatan-kegiatan yang termasuk hiduk bergotong royong di rumah

 

 

  • § Mengidentifikasi macam-macam  cara hidup bergotong royong

 

  • § Menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu

 

  • § Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara bergotong royong di rumah

 

Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian sikap
  • Penilaian produk
  • Penilaia performance
  2x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 – 22
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst
 
  • § Membantu teman

 

  • § Kerja bakti di lingkungan
  • § Mengamati gambar di hal 16, tentang kisah “Ayam yang Berseteru”.
 

  • § Membaca kisah ayam yang berseteru

 

  • § Menceritakan inti dari kisah ayam yang berseteru.

 

  • § Berdiskusi kelas membahas kisah ayam yang berseteru

 

 

  • § Bertanya jawab hubungannya dengan hidup rukun

 

  • § Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.

 

  • § Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong

 

  • § Menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong

 

1.2  Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah

 

  • § Melaksanakan gotong royong
    • § Mengamati gambar-gambar cara melaksanakan gotong royong
 

  • § Melaksanakan hidup bergotong royong tanpa pamrih

 

  • § Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga di rumah

 

  • § Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah.

 

  • Melaksanakan kegiatan bersama-sama tanpa pamrih.

 

  • Melaksanakan gotong royong di rumah

 

  • Melaksanakan gotong royong dan saling membantu di sekolah.

 

  • Melaksanakan hak dan kewajiban saling menolong di rumah

 

  • Melaksanakan hak dan kewajiban untuk saling menghormati di sekolah

 

  • Tugas Individu
  • Tes Subyektif
  • Penilaian sikap
  • Penilaian performance
mewrrnai gambar pada halaman 13-15

Sebutkan tugas-tugasmu di rumah?

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 – 22
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 

 

Mengetahui                                                                                                                                                 …………,  ………………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                            Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : I

 

Standar Kompetensi

  1. Menampilkan sikap cinta lingkungan

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Mengenal pentingnya lingkungan alam, seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan

 

Ayo Mencintai Lingkungan

  • Dunia Kita

 

  • Manusia dan Alam lingkung annya

 

  • Mengamati gambar tentang Dunia sekitar  (halaman 24)

 

  • Bertanya jawab tentang manusia ciptaan TuhanYang Maha Esa

 

  • Berdiskusi kelas membahas manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk social

 

  • Menjelaskan dengan siapa saja kita hidup berdampingan

 

  • Bercerita tentang tata cara memelihara lingkungan sekitar

 

  • Menjelaskan bahwa manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

 

  • Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial

 

  • Mengidentifikasi tata cara hidup berdampingan dengan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha esa

 

  • Menuliskan sikap hidup sehari-hari bahwa harus menyayangi semua makhluk (teman, hewan, tumbuhan)

 

  • Tugas induvidu
  • Penilaian Lisan
  • Skala sikap
  • Obyektif Tes
  • Subyektif Tes
  • Penilaian performance
  semua mahluk di bumi adalah ciptaan …..

Manusia, hewan, dan tumbuhan saling …..

Manusia tidak dapat hidup …….., karena manusia adalah makhluk ……

Manusia …….. oranglain untuk menjaga ……..

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 23 – 42
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • Menjaga Lingkung an
  • Berdiskusi kelas membahas bahwa Manusia saling membutuhkan
 

  • Berdiskusi kelas membahas bagaimana tata cara saling membantu menjaga lingkungan sekitar

 

  • Menuliskan macam-macam cara hidup menjaga lingkungan sekitar

 

  • Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan

 

  • Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu menjaga lingkungan sekitar

 

2.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam

 

  • Memeli hara Lingku ngan
  • Mengamati gambar-gambar cara melaksanakan pemeliharaan lingkungan
 

  • Bertanya jawab tentang cara memeliharan kelestarian hutan

 

  • Berdiskusi kelas membahas cara memelihara taman di sekolah

 

  • Mengidentifikasi cara-cara melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam

 

  • Menuliskan cara pemeliharaan lingkungan alam sekitar (taman, kebun, hutan dan halaman sekolah serta halaman rumah).

 

  • Melaksanakan kegiatan bersama-sama tanpa pamrih.

 

  • Melaksanakan kegiatan yang bertujuan memelihara lingkungan sekitar

 

  • Memelihara lingkungan sekitar  sekolah.

 

  • Memelihara lingkungan di sekitar rumah

 

  • Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam sekitar (taman, kebun, hutan halaman dsb)

 

Tugas Individu
  • Penilaian sikap
  • Penilaian performance

 

mewarnai gambar pada halaman 34-37

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 23 – 42
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 

Mengetahui                                                                                                                                                      …………,  ………………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                                Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : II

 

Standar Kompetensi

  1. Menampilkan sikap demokratis

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1    Mengenal kegiatan bermusyawarah

 

Ayo Bersikap Demokratis

  • Hidup yang Demokratis

 

  • Mengamati gambar tentang keluarga Ketut di halaman 44

 

  • Bertanya jawab tentang hak dan kewajiban sebagai anak sekolah

 

  • Mengidentifikasi cita-cita hidupnya kalau besar nanti

 

  • Berdiskusi tata cara hidup berdemokratis di rumah

 

  • Menjelaskan bagaimana caranya hidup berdemokratis

 

  • Mengidentifikasi tata cara hidup secara demokratis

 

  • Menjelaskan pentingnya hidup berkelompok.

 

  • Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain

 

  • Mengidentifikasi cita-cita dalam hubungannya dengan hak dan kewajiban
Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian Skala sikap
  • Penilaian performance
  • (unjuk kerja)
  • Tes lisan
  • Obyektif Tes
  • Subyektif Tes
  • Penilaian perilaku

 

Ketut dan Ayah saling ………

Karena Ketut sering bermain bola tapi melupakan ………

Ibu memberikan pendapat dan disepakati oleh Ketut

Ayah dan Ketut telah bersikap ……….

 

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 43 – 58
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

3.2    Menghargai suara terbanyak
  • Menentukan Rencana Liburan
  • Menceritakan bahwa  dalam keluarga saling membutuhkan
 

  • Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling menghormati

 

  • Menjelaskan bagaimana caranya membuat keputusan untuk menentukan rencana liburan

 

  • Berdiskusi kelas membahas bahwa  di dalam keluarga tidak dapat hidup sendiri-sendiri

 

  • Berdiskusi bagaimana tata cara saling menghormati di rumah

 

  • Menuliskan macam-macam cara membuat keputusan untuk menentukan rencana liburan keluarga

 

   

2 x 35
3.3 Menampilkan sikap mau menerima kekalahan
  • Tata Cara Pemilihan Ketua Kelas
  • Menyebutkan bagaimana cara melaksanakan pemilihan ketua kelas yang baik
 

  • Menjelaskan pentingnya saling menghormati keputusan teman

 

  • Menuliskan tata cara pemilihan ketua kelas yang demokratis
  • Mengamati  gambar tata cara pemilihan ketua kelas (di halaman 49)
 

  • Menceritakan makna gambar (Ibu Guru Meutia di kelas Dina sedang diadakan pemilihan ketua kelas)

 

  • Bertanya jawab tentang tata cara pemilihan ketua kelas yang baik dan benar sesuai dengan
Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian Skala sikap
  • Penilaian performance
  • (unjuk kerja)
  • Obyektif Tes
  • Subyektif Tes
  • Penilaian perilak
Siapa hewan yang paling di sayang manusia?

Mengapa kucing tidak mau menyalami anjing?

Apakah kucing sudah bersikap demakratis?

 

4 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 43 – 58
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • Belajar Bersikap Demokratis
    • Membedakan syarat-syarat pemimpin yang baik dengan kurang baik
 

  • Mengidentifikasi tata cara bersikap demokratis

 

  • Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara demokratis

 

  • Mengidentifikasi syarat-syarat pemimpin yang baik

 

  • Berdiskusi kelas membedakan pemimpin yang baik dengan yang kurang baik

 

  • Menuliskan tata cara bersikap demokratis di sekolah
 
  • Bersikap Demokratis
    • Mengamati gambar di hal 52 tentang tindakan yang demokratis
 

  • Memberi warna gambar yang mencerminkan sikap demokratis

 

  • Bertanya jawab tentang gambar yang mencerminkan sikap demokratis dengan yang tidak demokratis

 

  • Membaca kisah “mengapa anjing selalu mengejar kucing”

 

  • Menceritakan inti dari kisah mengapa anjing selalu mengejar kucing”

 

  • Berdiskusi kelas membahas kisah mengapa anjing selalu mengejar kucing”

 

  • Bertanya jawab hubungannya dengan  sikap demokratis

 

  • Menjelaskan dimana saja untuk dapatnya hidup berdemokratis

 

  • Menuliskan cara bersikap demokratis di rumah

 

  • Menuliskan cara bersikap  demokratis di sekolah

 

  • Melaksanakan perilaku demokratis disegala tempat

 

 

 

Mengetahui                                                                                                                                                        …………,  ……………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                                  Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : II

 

Standar Kompetensi

  1. Menampilkan nilai-nilai Pancasila

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1. Mengenal  nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

 

Ayo Hidup Jujur

  • o Ada yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat

 

  • Mengamati gambar tentang perilaku jujur (di halaman 60 dan 61)

 

  • Membaca wacana tentang sikap dan perilaku jujur dari teks “Ada yang Melihatmu”

 

  • Bertanya jawab tentang makna dari wacana perilaku jujur

 

  • Berdiskusi kelas membahas perilaku jujur yang harus dilakukan dimana saja

 

  • Menjelaskan pentingnya berperilaku jujur

 

  • Menjelaskan pengertian jujur

 

  • Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan dan harus selalu berbuat baik

 

  • Mengidentifikasi tata cara berperilaku jujur

 

  • Menceritakan bahwa manusia selalu dalam pengawasan Yang Maha Mengetahui

 

Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes
  • Portofolio
Siapa yang bermain bola di sekolah?

Siapa yang menendang bola dan memecahkan kaca?

Mengapa ketut dan teman-teman bersembunyi?

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 – 76
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • o Uang yang hilang
  • Mengamati gambar tentang sikap dan  perilaku jujur ketika menemukan uang di jalan (di halaman 62 dan 63)
 

  • Membaca wacana tentang sikap dan perilaku jujur dari teks “Uang yang Hilang”

 

 

 

  • Bertanya jawab tentang makna dari wacana perilaku jujur

 

  • Berdiskusi kelas membahas perilaku jujur dan sikap yang harus dilakukan dimana saja seandainya menemukan uang yang bukan haknya

 

  • Menceritakan bahwa semua manusia membutuhkan uang

 

  • Mengidentifikasi kegunaan uang bagi hidup manusia

 

  • Menceritakan bagaimana sikap yang seharusnya diambil apabila menemukan uang
 
  • o Berani berkata jujur
  • Mengamati  gambar anak sedang bermain sepak bola
 

  • Menceritakan makna gambar (Robert, Ketut, Ucok bermain sepak bola)

 

  • Menjelaskan keuntungan bersikap jujur

 

  • Menjelaskan kerugian jika tidak berperilaku jujur
  • Menyebutkan bagaimana cara berperilaku jujur
 

  • Menjelaskan pentingnya berperilaku jujur

 

  • Menjelaskan kerugiannya berperilaku tidak jujur
Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes
  • Portofolio

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 – 76
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • o Anak yang suka berbohong
  • Mengidentifikasi cara-cara berperilaku jujur
 

  • Berdiskusi kelas membahas pentingnya berkata jujur

 

  • Berdiskusi kelas membahas apa saja akibat dari berkata bohong

 

  • Menuliskan kegiatan-kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan jujur di rumah

 

  • Menuliskan kegiatan-kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan jujur di sekolah
  • Mengidentifikasi macam-macam  cara bersikap dan berperilaku jujur
 

  • Menjelaskan pentingnya berkata jujur

 

  • Menceritakan apa akibat jika tidak berkata jujur

 

  • Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan jujur di rumah

 

  • Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan jujur di sekolah

 

4.2. Melaksana kan perilaku jujur dalam kegiatan sehari-hari
  • o Bersikap jujur
  • Mengamati gambar-gambar  di hal 70, 71, 72 dan 73 tentang perilaku jujur.
 

  • Membaca tugas yang harus dilakukan yaitu mewarnai gambar yang seharusnya dilakukan

 

  • Bersikap dan berperilaku sesuai dengan arahan guru

 

  • Membedakan kegiatan mana yang dikatakan jujur dengan yang tidak jujur.

 

  • Berperilaku jujur

 

  • Berkata apa adanya

 

  • Tidak berbicara bohong

 

 
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes
  • Portofolio
mewarnai gambar pada halaman 71-73 2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 – 76
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                                                                                        …………,  ……………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : II

 

Standar Kompetensi

4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.3. Mengenal nilai kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari

 

Ayo Belajar Disiplin dan Senang Bekerja

 

  • Boneka Impian
  • Mengamati gambar pada halaman 78-80
 

  • Menjelaskan tentang devinisi disiplin

 

  • Menjelaskan pentingnya memiliki sikap disiplin

 

  • Berdiskusi tentang pentingnya menabung untuk masa depan

 

  • Melakukan bertanya jawab tentang materi yang disampaikan

 

  • Menjelaskan pentingnya sikap disiplin

 

  • Menjelaskan pengertian disiplin

 

  • Menerangkan bahwa disiplin penting dalam berusaha mencapai cita-cita

 

  • Menjelaskan pentingnya menabung untuk masa depan

 

Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes

Portofolio

Siapa yang berlomba lari?

Yang menang dalam perlombaan tersebut adalah?

Mengapa kelinci begitu sombong?

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 77-92
  • Orang tua
  • Teman

Lingkungan sekolah dst

 
  • o Mimpi Menjadi Juara
    • Meminta siswa untuk memperhatikan gambar pada halaman 81-82
    • Menunjuk siswa secara acak untuk membaca bacaan Mimpi Menjadi Juara
    • Melakukan kegiatan bertanya jawab tentang pentingnya memiliki sikap disiplin
    • Berdiskusi tentang cara-cara untuk mencapai cita-cita
    • Menceritakan tentang semua cita-cita dapat dicapai
 

  • Mengidentifikasi sikap disiplin di sekolah

 

  • Menjelaskan keuntungan dari sikap disiplin

 

  Kura-kura dan Kelinci
  • Mengamati gambar pada halaman 83 – 85

 

  • Guru bercerita tentang kura-kura dan kelinci

 

  • Bertanya jawab tentang bacaan kura-kura dan kelinci

 

  • Menceritakan inti dari kisah kura-kura dan kelinci
  • Menyebutkan bagaimana cara berdidiplin
 

  • Menjelaskan pentingnya berperilaku disiplin

 

  • Menjelaskan kerugian berperilaku tidak disiplin

   
4.4. Melaksanakan perilaku disiplin dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari

 

Bersikap disiplin dan senang bekerja
  • Mengamati gambar pada halaman 86 – 89 tentang perilaku disiplin

 

  • Membaca tugas yang harus dilakukan yaitu mewarnai gambar yang benar

 

  • Menerangkan cara-cara berperilaku disiplin dimana dan kapan saja.
  • Membedakan kegiatan mana yang disiplin dengan yang tidak disiplin
 

  • Berperilaku disiplin

 

  • Menyebutkan kegiatan apa yang harus di lakukan dengan disiplin

 

 

Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes

Portofolio

mewarnai gambar pada halaman 86-88 2. x  35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 77-92
  • Orang tua
  • Teman

Lingkungan sekolah

 

Mengetahui                                                                                                                                                        …………,  ……………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : I

 

Standar Kompetensi

  1. Membiasakan hidup bergotong royong

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong

 

Ayo Bergotong Royong

  • Manusia adalah makhluk sosial

 

  • Saling mengunjungi tetangga

 

 

  • Mengamati gambar tentang keluarga Dina dengan tetangganya (Keluarga Ibu Zaenab)

 

  • Menjelaskan dengan siapa saja kita hidup saling membutuhkan (Keluarga inti: ayah memerlukan Ibu, anak perlu ada Ibu dan ayah, kita juga perlu Bibi yang membantu pekerjaan di rumah dsb)

 

  • Menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong

 

  • Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial

 

  • Mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong

 

  • Tugas Individu
  • Penilaian Lisan
  • Penilaian sikap melalui pengamatan perilaku
  • Tes performance
  Siapa yang melahirkan bayi?

Bersama siapa Dina mengunjungi keluarga Bu Zaenab?

Apakah adik bayi sudah bisa melakukan sesuatu?

Mengapa adik bayi masih harus dijaga?

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 – 22
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • § Saling membutuhkan
  • § Berdiskusi kelas membahas bahwa Manusia tidak dapat hidup sendiri
 

  • § Berdiskusi bagaimana tata cara saling tolong menolong di rumah

 

  • § Menuliskan macam-macam cara hidup bergotong royong di sekolah

 

 

  • Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan

 

  • Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu

 

 
  • § Hidup rukun

 

  • § Memaafkan

orang lain

  • Mengamati  gambar saling memaafkan teman (Meilan dan Dina di hal 5).

 

  • Menceritakan makna gambar (Dina dan Meilan saling membantu)

 

  • Menjelaskan keuntungan hidup saling memaafkan

 

  • Menjelaskan keuntungan saling membantu sesama

 

  • § Menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama

 

  • § Menjelaskan pentingnya mengapa harus memaafkan orang lain
         
 
  • § Hidup ber gotong royong

 

  • § Membersihkan  lingkungan rumah
  • § Mengidentifikasi cara-cara hidup gotong royong
 

  • § Berdiskusi kelas membahas pentingnya bergotong royong dan saling membantu

 

  • § Menuliskan kegiatan-kegiatan yang termasuk hiduk bergotong royong di rumah

 

 

  • § Mengidentifikasi macam-macam  cara hidup bergotong royong

 

  • § Menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu

 

  • § Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara bergotong royong di rumah

 

Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian sikap
  • Penilaian produk
  • Penilaia performance
  2x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 – 22
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst
 
  • § Membantu teman

 

  • § Kerja bakti di lingkungan
  • § Mengamati gambar di hal 16, tentang kisah “Ayam yang Berseteru”.
 

  • § Membaca kisah ayam yang berseteru

 

  • § Menceritakan inti dari kisah ayam yang berseteru.

 

  • § Berdiskusi kelas membahas kisah ayam yang berseteru

 

 

  • § Bertanya jawab hubungannya dengan hidup rukun

 

  • § Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.

 

  • § Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong

 

  • § Menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong

 

1.2  Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah

 

  • § Melaksanakan gotong royong
    • § Mengamati gambar-gambar cara melaksanakan gotong royong
 

  • § Melaksanakan hidup bergotong royong tanpa pamrih

 

  • § Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga di rumah

 

  • § Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah.

 

  • Melaksanakan kegiatan bersama-sama tanpa pamrih.

 

  • Melaksanakan gotong royong di rumah

 

  • Melaksanakan gotong royong dan saling membantu di sekolah.

 

  • Melaksanakan hak dan kewajiban saling menolong di rumah

 

  • Melaksanakan hak dan kewajiban untuk saling menghormati di sekolah

 

  • Tugas Individu
  • Tes Subyektif
  • Penilaian sikap
  • Penilaian performance
mewrrnai gambar pada halaman 13-15

Sebutkan tugas-tugasmu di rumah?

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 – 22
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 

 

Mengetahui                                                                                                                                                 …………,  ………………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                            Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : I

 

Standar Kompetensi

  1. Menampilkan sikap cinta lingkungan

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Mengenal pentingnya lingkungan alam, seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan

 

Ayo Mencintai Lingkungan

  • Dunia Kita

 

  • Manusia dan Alam lingkung annya

 

  • Mengamati gambar tentang Dunia sekitar  (halaman 24)

 

  • Bertanya jawab tentang manusia ciptaan TuhanYang Maha Esa

 

  • Berdiskusi kelas membahas manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk social

 

  • Menjelaskan dengan siapa saja kita hidup berdampingan

 

  • Bercerita tentang tata cara memelihara lingkungan sekitar

 

  • Menjelaskan bahwa manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

 

  • Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial

 

  • Mengidentifikasi tata cara hidup berdampingan dengan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha esa

 

  • Menuliskan sikap hidup sehari-hari bahwa harus menyayangi semua makhluk (teman, hewan, tumbuhan)

 

  • Tugas induvidu
  • Penilaian Lisan
  • Skala sikap
  • Obyektif Tes
  • Subyektif Tes
  • Penilaian performance
  semua mahluk di bumi adalah ciptaan …..

Manusia, hewan, dan tumbuhan saling …..

Manusia tidak dapat hidup …….., karena manusia adalah makhluk ……

Manusia …….. oranglain untuk menjaga ……..

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 23 – 42
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • Menjaga Lingkung an
  • Berdiskusi kelas membahas bahwa Manusia saling membutuhkan
 

  • Berdiskusi kelas membahas bagaimana tata cara saling membantu menjaga lingkungan sekitar

 

  • Menuliskan macam-macam cara hidup menjaga lingkungan sekitar

 

  • Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan

 

  • Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu menjaga lingkungan sekitar

 

2.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam

 

  • Memeli hara Lingku ngan
  • Mengamati gambar-gambar cara melaksanakan pemeliharaan lingkungan
 

  • Bertanya jawab tentang cara memeliharan kelestarian hutan

 

  • Berdiskusi kelas membahas cara memelihara taman di sekolah

 

  • Mengidentifikasi cara-cara melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam

 

  • Menuliskan cara pemeliharaan lingkungan alam sekitar (taman, kebun, hutan dan halaman sekolah serta halaman rumah).

 

  • Melaksanakan kegiatan bersama-sama tanpa pamrih.

 

  • Melaksanakan kegiatan yang bertujuan memelihara lingkungan sekitar

 

  • Memelihara lingkungan sekitar  sekolah.

 

  • Memelihara lingkungan di sekitar rumah

 

  • Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam sekitar (taman, kebun, hutan halaman dsb)

 

Tugas Individu
  • Penilaian sikap
  • Penilaian performance

 

mewarnai gambar pada halaman 34-37

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 23 – 42
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 

Mengetahui                                                                                                                                                      …………,  ………………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                                Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : II

 

Standar Kompetensi

  1. Menampilkan sikap demokratis

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1    Mengenal kegiatan bermusyawarah

 

Ayo Bersikap Demokratis

  • Hidup yang Demokratis

 

  • Mengamati gambar tentang keluarga Ketut di halaman 44

 

  • Bertanya jawab tentang hak dan kewajiban sebagai anak sekolah

 

  • Mengidentifikasi cita-cita hidupnya kalau besar nanti

 

  • Berdiskusi tata cara hidup berdemokratis di rumah

 

  • Menjelaskan bagaimana caranya hidup berdemokratis

 

  • Mengidentifikasi tata cara hidup secara demokratis

 

  • Menjelaskan pentingnya hidup berkelompok.

 

  • Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain

 

  • Mengidentifikasi cita-cita dalam hubungannya dengan hak dan kewajiban
Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian Skala sikap
  • Penilaian performance
  • (unjuk kerja)
  • Tes lisan
  • Obyektif Tes
  • Subyektif Tes
  • Penilaian perilaku

 

Ketut dan Ayah saling ………

Karena Ketut sering bermain bola tapi melupakan ………

Ibu memberikan pendapat dan disepakati oleh Ketut

Ayah dan Ketut telah bersikap ……….

 

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 43 – 58
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

3.2    Menghargai suara terbanyak
  • Menentukan Rencana Liburan
  • Menceritakan bahwa  dalam keluarga saling membutuhkan
 

  • Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling menghormati

 

  • Menjelaskan bagaimana caranya membuat keputusan untuk menentukan rencana liburan

 

  • Berdiskusi kelas membahas bahwa  di dalam keluarga tidak dapat hidup sendiri-sendiri

 

  • Berdiskusi bagaimana tata cara saling menghormati di rumah

 

  • Menuliskan macam-macam cara membuat keputusan untuk menentukan rencana liburan keluarga

 

   

2 x 35
3.3 Menampilkan sikap mau menerima kekalahan
  • Tata Cara Pemilihan Ketua Kelas
  • Menyebutkan bagaimana cara melaksanakan pemilihan ketua kelas yang baik
 

  • Menjelaskan pentingnya saling menghormati keputusan teman

 

  • Menuliskan tata cara pemilihan ketua kelas yang demokratis
  • Mengamati  gambar tata cara pemilihan ketua kelas (di halaman 49)
 

  • Menceritakan makna gambar (Ibu Guru Meutia di kelas Dina sedang diadakan pemilihan ketua kelas)

 

  • Bertanya jawab tentang tata cara pemilihan ketua kelas yang baik dan benar sesuai dengan
Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian Skala sikap
  • Penilaian performance
  • (unjuk kerja)
  • Obyektif Tes
  • Subyektif Tes
  • Penilaian perilak
Siapa hewan yang paling di sayang manusia?

Mengapa kucing tidak mau menyalami anjing?

Apakah kucing sudah bersikap demakratis?

 

4 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 43 – 58
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • Belajar Bersikap Demokratis
    • Membedakan syarat-syarat pemimpin yang baik dengan kurang baik
 

  • Mengidentifikasi tata cara bersikap demokratis

 

  • Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara demokratis

 

  • Mengidentifikasi syarat-syarat pemimpin yang baik

 

  • Berdiskusi kelas membedakan pemimpin yang baik dengan yang kurang baik

 

  • Menuliskan tata cara bersikap demokratis di sekolah
 
  • Bersikap Demokratis
    • Mengamati gambar di hal 52 tentang tindakan yang demokratis
 

  • Memberi warna gambar yang mencerminkan sikap demokratis

 

  • Bertanya jawab tentang gambar yang mencerminkan sikap demokratis dengan yang tidak demokratis

 

  • Membaca kisah “mengapa anjing selalu mengejar kucing”

 

  • Menceritakan inti dari kisah mengapa anjing selalu mengejar kucing”

 

  • Berdiskusi kelas membahas kisah mengapa anjing selalu mengejar kucing”

 

  • Bertanya jawab hubungannya dengan  sikap demokratis

 

  • Menjelaskan dimana saja untuk dapatnya hidup berdemokratis

 

  • Menuliskan cara bersikap demokratis di rumah

 

  • Menuliskan cara bersikap  demokratis di sekolah

 

  • Melaksanakan perilaku demokratis disegala tempat

 

 

 

Mengetahui                                                                                                                                                        …………,  ……………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                                  Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : II

 

Standar Kompetensi

  1. Menampilkan nilai-nilai Pancasila

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1. Mengenal  nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

 

Ayo Hidup Jujur

  • o Ada yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat

 

  • Mengamati gambar tentang perilaku jujur (di halaman 60 dan 61)

 

  • Membaca wacana tentang sikap dan perilaku jujur dari teks “Ada yang Melihatmu”

 

  • Bertanya jawab tentang makna dari wacana perilaku jujur

 

  • Berdiskusi kelas membahas perilaku jujur yang harus dilakukan dimana saja

 

  • Menjelaskan pentingnya berperilaku jujur

 

  • Menjelaskan pengertian jujur

 

  • Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan dan harus selalu berbuat baik

 

  • Mengidentifikasi tata cara berperilaku jujur

 

  • Menceritakan bahwa manusia selalu dalam pengawasan Yang Maha Mengetahui

 

Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes
  • Portofolio
Siapa yang bermain bola di sekolah?

Siapa yang menendang bola dan memecahkan kaca?

Mengapa ketut dan teman-teman bersembunyi?

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 – 76
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • o Uang yang hilang
  • Mengamati gambar tentang sikap dan  perilaku jujur ketika menemukan uang di jalan (di halaman 62 dan 63)
 

  • Membaca wacana tentang sikap dan perilaku jujur dari teks “Uang yang Hilang”

 

 

 

  • Bertanya jawab tentang makna dari wacana perilaku jujur

 

  • Berdiskusi kelas membahas perilaku jujur dan sikap yang harus dilakukan dimana saja seandainya menemukan uang yang bukan haknya

 

  • Menceritakan bahwa semua manusia membutuhkan uang

 

  • Mengidentifikasi kegunaan uang bagi hidup manusia

 

  • Menceritakan bagaimana sikap yang seharusnya diambil apabila menemukan uang
 
  • o Berani berkata jujur
  • Mengamati  gambar anak sedang bermain sepak bola
 

  • Menceritakan makna gambar (Robert, Ketut, Ucok bermain sepak bola)

 

  • Menjelaskan keuntungan bersikap jujur

 

  • Menjelaskan kerugian jika tidak berperilaku jujur
  • Menyebutkan bagaimana cara berperilaku jujur
 

  • Menjelaskan pentingnya berperilaku jujur

 

  • Menjelaskan kerugiannya berperilaku tidak jujur
Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes
  • Portofolio

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 – 76
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 
  • o Anak yang suka berbohong
  • Mengidentifikasi cara-cara berperilaku jujur
 

  • Berdiskusi kelas membahas pentingnya berkata jujur

 

  • Berdiskusi kelas membahas apa saja akibat dari berkata bohong

 

  • Menuliskan kegiatan-kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan jujur di rumah

 

  • Menuliskan kegiatan-kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan jujur di sekolah
  • Mengidentifikasi macam-macam  cara bersikap dan berperilaku jujur
 

  • Menjelaskan pentingnya berkata jujur

 

  • Menceritakan apa akibat jika tidak berkata jujur

 

  • Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan jujur di rumah

 

  • Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan jujur di sekolah

 

4.2. Melaksana kan perilaku jujur dalam kegiatan sehari-hari
  • o Bersikap jujur
  • Mengamati gambar-gambar  di hal 70, 71, 72 dan 73 tentang perilaku jujur.
 

  • Membaca tugas yang harus dilakukan yaitu mewarnai gambar yang seharusnya dilakukan

 

  • Bersikap dan berperilaku sesuai dengan arahan guru

 

  • Membedakan kegiatan mana yang dikatakan jujur dengan yang tidak jujur.

 

  • Berperilaku jujur

 

  • Berkata apa adanya

 

  • Tidak berbicara bohong

 

 
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes
  • Portofolio
mewarnai gambar pada halaman 71-73 2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 59 – 76
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan sekolah dst

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                                                                                        …………,  ……………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah          : Sekolah Dasar (SD)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                          : II

Semester                    : II

 

Standar Kompetensi

4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.3. Mengenal nilai kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari

 

Ayo Belajar Disiplin dan Senang Bekerja

 

  • Boneka Impian
  • Mengamati gambar pada halaman 78-80
 

  • Menjelaskan tentang devinisi disiplin

 

  • Menjelaskan pentingnya memiliki sikap disiplin

 

  • Berdiskusi tentang pentingnya menabung untuk masa depan

 

  • Melakukan bertanya jawab tentang materi yang disampaikan

 

  • Menjelaskan pentingnya sikap disiplin

 

  • Menjelaskan pengertian disiplin

 

  • Menerangkan bahwa disiplin penting dalam berusaha mencapai cita-cita

 

  • Menjelaskan pentingnya menabung untuk masa depan

 

Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes

Portofolio

Siapa yang berlomba lari?

Yang menang dalam perlombaan tersebut adalah?

Mengapa kelinci begitu sombong?

 

2 x 35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 77-92
  • Orang tua
  • Teman

Lingkungan sekolah dst

 
  • o Mimpi Menjadi Juara
    • Meminta siswa untuk memperhatikan gambar pada halaman 81-82
    • Menunjuk siswa secara acak untuk membaca bacaan Mimpi Menjadi Juara
    • Melakukan kegiatan bertanya jawab tentang pentingnya memiliki sikap disiplin
    • Berdiskusi tentang cara-cara untuk mencapai cita-cita
    • Menceritakan tentang semua cita-cita dapat dicapai
 

  • Mengidentifikasi sikap disiplin di sekolah

 

  • Menjelaskan keuntungan dari sikap disiplin

 

  Kura-kura dan Kelinci
  • Mengamati gambar pada halaman 83 – 85

 

  • Guru bercerita tentang kura-kura dan kelinci

 

  • Bertanya jawab tentang bacaan kura-kura dan kelinci

 

  • Menceritakan inti dari kisah kura-kura dan kelinci
  • Menyebutkan bagaimana cara berdidiplin
 

  • Menjelaskan pentingnya berperilaku disiplin

 

  • Menjelaskan kerugian berperilaku tidak disiplin

   
4.4. Melaksanakan perilaku disiplin dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari

 

Bersikap disiplin dan senang bekerja
  • Mengamati gambar pada halaman 86 – 89 tentang perilaku disiplin

 

  • Membaca tugas yang harus dilakukan yaitu mewarnai gambar yang benar

 

  • Menerangkan cara-cara berperilaku disiplin dimana dan kapan saja.
  • Membedakan kegiatan mana yang disiplin dengan yang tidak disiplin
 

  • Berperilaku disiplin

 

  • Menyebutkan kegiatan apa yang harus di lakukan dengan disiplin

 

 

Tugas Individu
  • Tes lisan
  • Penilaian  Timgkah Laku
  • Penilaian unjuk kerja (performance)
  • Penilaian Produk
  • Subyektif tes
  • Obyektif tes

Portofolio

mewarnai gambar pada halaman 86-88 2. x  35
  • Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 77-92
  • Orang tua
  • Teman

Lingkungan sekolah

 

Mengetahui                                                                                                                                                        …………,  ……………………………………

Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

………………………….                                                                                                                                                       ………………………………………

NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: